Warta

KBRI Kairo Membuka Jalan Pembentukan Komunitas Jurnalis-Influenser

Geliat jurnalistik dan media mendapatkan dukungan penuh dari KBRI Kairo. Melalui Fungsi Pensosbud (Pendidikan, Sosial dan Budaya), KBRI Kairo sukses mengadakan pelatihan jurnalistik dan sosial media. Kegiatan yang mengikutsertakan perwakilan media jurnalistik dan influenser Masisir ini berjalan selama tiga hari di kota Alexandria, Mesir. Dalam pelatihan ini, Detik.com menjadi satu-satunya media jurnalistik Indonesia yang berkerja sama dengan KBRI Kairo.

Terdapat tiga sesi di hari kedua pelatihan (08/03/2024). Sesi pertama berfokus pada pelatihan dasar kepenulisan dan jurnalistik. Sedangkan, sesi kedua menyoroti penggunaan media sosial yang efektif. Melalui dua sesi ini, para peserta diajak berdiskusi di sesi penutup. Dengan tajuk “Media Ideal Masisir”, para peserta digiring untuk mengevaluasi dan memberikan solusi atas permasalahan literasi yang masih menjamur di Masisir.

Pelaksana Fungsi Pensosbud, M. Arif Ramadhan, menemani sesi diskusi. Terlihat para peserta memberikan perhatian lebih pada sesi diskusi daripada dua sesi sebelumnya. Antusias mereka menandakan bahwa langkah awal KBRI Kairo dalam menguatkan hubungan media dan influenser Masisir telah sukses.

Saya sebagai salah satu peserta diskusi melihat adanya dua visi yang ingin dituju media dan influenser Masisir. Pertama, membumikan literasi di kalangan Masisir dirasa penting. Kedua, kita perlu mengenalkan Mesir dan Azhar pada masyarakat Indonesia.

Untuk mewujudkan dua visi ini, banyak program yang diusulkan peserta. Perwakilan influenser, Hikmah Wuri, mengajukan pembentukan komunitas yang dapat menghimpun seluruh media dan influenser. Usulan ini diikuti dengan pengadaan akun sosial media khusus yang dapat memublikasikan karya para anggota komunitas.

Saya menambahkan bahwa kegiatan dalam komunitas di atas hendaknya tidak jauh dari publikasi karya opini yang menarik, agar karya yang disuguhkan di kalangan Masisir tidak monoton. Di samping itu, terdapat pula usulan terkait pengadaan forum diskusi secara berkala guna membincang literasi, fokus investigasi dan bedah buku. Komunitas ini diharapkan berada dalam naungan Pensosbud KBRI Kairo.

Berbagai usulan di atas selaras dengan salah satu poin yang diinginkan Pak Adon (sapaan akrab M. Arif Ramadhan) yaitu kolaborasi media-influenser bersama KBRI Kairo. Ia ingin langkah lanjutan dari adanya pelatihan ini berbentuk nyata, sehingga para peserta diminta menyampaikan isi diskusi pada teman-teman di Kairo.

Di penghujung acara, Pak Adon menegaskan kembali, “Kehadiran kalian di sini bukan atas nama pribadi, melainkan institusi. Silahkan laporkan (pada institusi kalian) bahwa disepakati pembentukan Komunitas Jurnalistik dan Media”. (Firdaus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights